Info

“Lezat dan Sehat: Resep Bakso Jamur Tiram yang Mudah Dibuat”

19
×

“Lezat dan Sehat: Resep Bakso Jamur Tiram yang Mudah Dibuat”

Share this article

Apakah kamu sedang mencari resep makanan yang lezat dan sehat? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat! Kali ini, kami akan berbagi denganmu resep bakso jamur tiram yang mudah dibuat. Bakso jamur tiram ini tidak hanya enak, tetapi juga bergizi tinggi.

Bahan-bahan:

  • 200 gram jamur tiram segar
  • 150 gram daging ayam cincang
  • 50 gram tepung sagu
  • 1 butir telur ayam
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya (opsional)

Cara Membuat:

Mengolah Jamur Tiram:

Pertama-tama, bersihkan dan rendam jamur tiram dalam air garam selama beberapa menit untuk menghilangkan kotoran atau sisa tanah yang masih menempel. Setelah itu, bilas dengan air mengalir hingga bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, iris-iris jamur tiram menjadi potongan kecil atau sesuai dengan selera. Pastikan ukuran potongan seragam agar bakso nantinya bisa terbentuk dengan baik.

Membuat Adonan Bakso:

Dalam wadah terpisah, campurkan daging ayam cincang dengan bawang putih halus, garam, lada, dan kaldu jamur (jika menggunakan) hingga merata. Tambahkan tepung sagu dan telur, aduk lagi hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

Setelah itu, masukkan potongan jamur tiram ke dalam adonan bakso yang telah dibuat sebelumnya. Aduk perlahan agar potongan jamur terdistribusi secara merata.

Membentuk Bakso:

Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Selanjutnya, ambil sedikit adonan bakso menggunakan sendok atau tangan yang basah, lalu bulatkan adonan tersebut dengan tangan.

Setelah semua adonan habis dibentuk menjadi bakso-bakso kecil, rebuslah bakso dalam air mendidih selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai matang sempurna. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

Cara Penyajian:

Bakso jamur tiram siap disajikan! Kamu bisa menyantapnya langsung sebagai hidangan utama dengan kuah bening hangat dan secangkir nasi putih gurih di sampingnya.

Agar lebih menarik dan lezat, kamu juga bisa menambahkan irisan daun bawang atau seledri serta taburan bawang goreng di atas bakso saat penyajian. Selamat menikmati!